PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI PUSKESMAS JATIPURO

Pelaksanaan imunisasi covid-19 di Puskesmas Jatipuro dimulai pada Hari Senin tanggal 25 Januari 2021. Lokasi pelaksanaan di Puskesmas Jatipuro Lantai 2 gedung belakang. Imunisasi diberikan kepada tenaga kesehatan dimulai tanggal 25-28 Januari 2021 untuk suntikan pertama. Sedangkan suntikan kedua diberikan 2 minggu setelah penyuntikan ke pertama.

Tujuan imunisasi ini untuk memberikan kekebalan pada seseorang terhadap virus covid-19. Dengan adanya imunisasi ini semoga bisa mengatasi pandemi covid-19 di Indonesia.

Adapun alur imunisasi ini terdiri dari 4 meja yaitu :

Meja 1 : Pendaftaran. Bagi yang sebelumnya telah mendapatkan e-tikcet melalui pelayanan   digital maka bisa di daftar di meja 1 dan diberikan no urut untuk selanjutnya melakukan scrining di meja 2.

Meja 2 : Skrining. Petugas melakukan skrining kesehatan dengan memeriksa fisik dan wawancara. misalnya suhu tubuh,tensi,berat badan,tinggi badan. Juga dilakukan wawancara terhadap riwayat penyakit misalnya hipertensi, kencing manis, jatung, pernah terpapar covid-19 dan lain-lain. Meja 2 menentukan apakah yang bersangkutan lolos skrining atau tidak. Jika tidak lolos maka tidak bisa melanjutkan meja 3 untuk mendapatkan imunisasi. Tetapi jika lolos maka dilanjutkan meja 3 untuk mendapatkan imunisasi.

Meja 3 : Pelayanan imunisasi. Di sini dilakukan imunisasi covid-19 oleh petugas.

Meja 4 : Pemantau/observasi. Di sini setelah mendapatkan suntikan untuk dilakukan observasi selama 30 menit untuk mengantisipasi terjadinya KIPI(Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Sambil menunggu peserta imunisasi diberikan penyuluhan tentang covid-19,protokol kesehatan,menjaga kesehatan, dan perilaku hidup bersih dan sehat(PHBS).