KELAS IBU HAMIL

Kematian ibu dan kematian bayi merupakan salah satu indikator derajat kesehatan. Semakin rendah angka kematian ibu dan kematian bayi maka semakin baik derajat kesehatan di suatu wilayah. Tapi jika kematian ibu dan kematian bayi semakin tinggi maka derajat kesehatan masyarakat semakin rendah.

Untuk menekan angka kematian ibu dan kematian bayi, salah satunya adalah mengadakan kelas ibu hamil. Semua ibu hamil dikumpulkan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terutama pendidikan tentang kehamilan, persalinan, menyusui serta perawatan bayi.

Petugas pelaksana kelas ibu hamil adalah tim dari Puskesmas terdiri dari Dokter/dokter gigi, bidan, nutrisionis, laboratoris, dan kesehatan masyarakat. Para ibu hamil diajari tentang perawatan kehamilan, pemeriksaan kesehatan umum dan peemriksaan gigi, status gizi, pemeriksaan laborat, serta diajari senam ibu hamil.

Kegiatan ini diharapkan bisa mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil. Jika dalam pemeriksaan dijumpai adanya risiko tinggi pada ibu hamil maka bisa dilakukan tindakan sedini mungkin.